Social Icons

Pages

TIK

TIPS MELAMAR PEKERJAAN SECARA BENAR

Cara melamar pekerjaan yang benar

Sebelum melamar pekerjaan,sebaiknya anda perhatikan apa saja yang harus anda persiapkan untuk melamar pekerjaan. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan :
  • Memiliki kesiapan untuk melamar pekerjaan.
  • Mempunyai skill/kemampuan dibidang pekerjaan yang anda minati.
  • Fokus dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang diminati.
  • Mempunyai semangat bekerja.
  • Gigih dan tekun dalam bekerja.
  • Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bekerja.
  • Jujur,sabar, dan amanah.
  • Rajin beribadah dan berdoa.
  • Tidak mudah putus asa jika mengalami kegagalan
Jika anda telah siap untuk melamar pekerjaan, anda juga harus memperhatikan etika-etika dalam wawancara pekerjaan.  

Berikut ini adalah etika dalam berwawancara :


1.      Usahakan untuk tiba di lokasi lebih awal.
2.       Ketuk pintu dan ucapkan salam ketika hendak masuk ruang wawancara.
3.       Jangan duduk apabila apabila belum dipersilahkan duduk.
4.       Jangan sampai menguap di depan pewawancara.
5.       Berpakaian yang rapi dan formal, yaitu memakai kemeja dan celana bahan, tetapi jangan sampai terkesan berlebihan.
6.       Duduk yan tegak dan jangan bungkuk atau menunduk karena akan terlihat tidak percaya diri dan tidak memiliki semangat.
7.       Sebaiknya saat ditanya berapa gaji yang diinginkan jangan menjawab terserah, jawablah gaji yang diinginkan sesuai dengan kemampuan dan posisi pekerjaan serta pengalaman yang dimiliki. 
8.      Tatapan mata harus tertuju pada pewawancara saat sedang diwawancara dan fokus pada   pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, sehingga tidak salah menjawab atau meminta pewawancara untuk mengulangi pertanyaan.
9.      Menggunakan bahasa yang sopan dan formal.
10.   Tunjukan semangat yang tinggi dan rasa percaya diri.
11.   Berikan jawaban yang jelas kepada pewawancara. Jangan melewati konteks pertanyaan yang   diberikan.
12.   Bicara dengan nada yang jelas, dan cukup keras sehingga terkesan percaya diri dan memiliki    keahlian yang baik.
13.   Saat wawancara selesai ucapkanlah terima kasih kepada pewawancara.

Berikut ini adalah cara melamar pekerjaan yang baik dan benar :
  1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan.
  2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau meniru /jiplak mentah-mentah dari buku.
  3. Usahakan surat tsb singkat , faktual dan menarik dengan bahasa yang jelas dan penampilan yang menarik dalam arti : rapi ( tidak ada kesalahan dalam ejaan atau tatabahasa), bersih ( tinta hitam diatas kertas putuh, jangan ada koreksi seperti stipo atau perbaikan dengan pensil/bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja ) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu ( nama dan /atau jabatan yang spesifik ).
  4. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/ C.V. (curriculum vitae) anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang anda.
  5. Resume /C.V. anda sebaiknya memberi detil tentang dirimu mencakup latar belakang pendidikan, ketrampilan-ketrampilan yang anda miliki, pengalaman kerja ( full-time atau part-time atau free lance yg memberi anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan ), aktivitas (organisasi, masyarakat, olah raga ,dsb) dan prestasi – prestasi ( disekolah maupun luar sekolah) yang pernah anda raih. . Ciri resume / C.V. yang baik adalah : rapi, mudah, jujur dan akurat . Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah jarak ( margin) pada semua sisi resume/c.v anda sebesar 1″ ( minimal 1/2″ kalau anda kekurangan space untuk mengisi informasi tentang diri anda.) Bagian putih ini membuat resume anda menarik, bersih dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi pembaca untuk membubuhkan catatan langsung pada resumemu. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  6. Proof read ulang surat lamaran dan resume/C.V. anda Pastikan bahwa tidak ada kesalahan Tipografis, tatabahasa/ grammar, bahasa yang diulang-ulang/repetitif, layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus) ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
  7. Silahkan membaca buku/literatur yang tersedia di toko-toko buku. Banyak yang mengulas cara-cara dan kiat yang efektif dalam menulis surat lamaran , resume/C.V. maupun wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIK

TIPS MELAMAR PEKERJAAN SECARA BENAR

Cara melamar pekerjaan yang benar

Sebelum melamar pekerjaan,sebaiknya anda perhatikan apa saja yang harus anda persiapkan untuk melamar pekerjaan. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan :
  • Memiliki kesiapan untuk melamar pekerjaan.
  • Mempunyai skill/kemampuan dibidang pekerjaan yang anda minati.
  • Fokus dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang diminati.
  • Mempunyai semangat bekerja.
  • Gigih dan tekun dalam bekerja.
  • Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bekerja.
  • Jujur,sabar, dan amanah.
  • Rajin beribadah dan berdoa.
  • Tidak mudah putus asa jika mengalami kegagalan
Jika anda telah siap untuk melamar pekerjaan, anda juga harus memperhatikan etika-etika dalam wawancara pekerjaan.  

Berikut ini adalah etika dalam berwawancara :


1.      Usahakan untuk tiba di lokasi lebih awal.
2.       Ketuk pintu dan ucapkan salam ketika hendak masuk ruang wawancara.
3.       Jangan duduk apabila apabila belum dipersilahkan duduk.
4.       Jangan sampai menguap di depan pewawancara.
5.       Berpakaian yang rapi dan formal, yaitu memakai kemeja dan celana bahan, tetapi jangan sampai terkesan berlebihan.
6.       Duduk yan tegak dan jangan bungkuk atau menunduk karena akan terlihat tidak percaya diri dan tidak memiliki semangat.
7.       Sebaiknya saat ditanya berapa gaji yang diinginkan jangan menjawab terserah, jawablah gaji yang diinginkan sesuai dengan kemampuan dan posisi pekerjaan serta pengalaman yang dimiliki. 
8.      Tatapan mata harus tertuju pada pewawancara saat sedang diwawancara dan fokus pada   pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, sehingga tidak salah menjawab atau meminta pewawancara untuk mengulangi pertanyaan.
9.      Menggunakan bahasa yang sopan dan formal.
10.   Tunjukan semangat yang tinggi dan rasa percaya diri.
11.   Berikan jawaban yang jelas kepada pewawancara. Jangan melewati konteks pertanyaan yang   diberikan.
12.   Bicara dengan nada yang jelas, dan cukup keras sehingga terkesan percaya diri dan memiliki    keahlian yang baik.
13.   Saat wawancara selesai ucapkanlah terima kasih kepada pewawancara.

Berikut ini adalah cara melamar pekerjaan yang baik dan benar :
  1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan.
  2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau meniru /jiplak mentah-mentah dari buku.
  3. Usahakan surat tsb singkat , faktual dan menarik dengan bahasa yang jelas dan penampilan yang menarik dalam arti : rapi ( tidak ada kesalahan dalam ejaan atau tatabahasa), bersih ( tinta hitam diatas kertas putuh, jangan ada koreksi seperti stipo atau perbaikan dengan pensil/bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja ) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu ( nama dan /atau jabatan yang spesifik ).
  4. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/ C.V. (curriculum vitae) anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang anda.
  5. Resume /C.V. anda sebaiknya memberi detil tentang dirimu mencakup latar belakang pendidikan, ketrampilan-ketrampilan yang anda miliki, pengalaman kerja ( full-time atau part-time atau free lance yg memberi anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan ), aktivitas (organisasi, masyarakat, olah raga ,dsb) dan prestasi – prestasi ( disekolah maupun luar sekolah) yang pernah anda raih. . Ciri resume / C.V. yang baik adalah : rapi, mudah, jujur dan akurat . Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah jarak ( margin) pada semua sisi resume/c.v anda sebesar 1″ ( minimal 1/2″ kalau anda kekurangan space untuk mengisi informasi tentang diri anda.) Bagian putih ini membuat resume anda menarik, bersih dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi pembaca untuk membubuhkan catatan langsung pada resumemu. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  6. Proof read ulang surat lamaran dan resume/C.V. anda Pastikan bahwa tidak ada kesalahan Tipografis, tatabahasa/ grammar, bahasa yang diulang-ulang/repetitif, layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus) ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
  7. Silahkan membaca buku/literatur yang tersedia di toko-toko buku. Banyak yang mengulas cara-cara dan kiat yang efektif dalam menulis surat lamaran , resume/C.V. maupun wawancara.